Sudah Sejauh Mana Kita Mengenal Sebuah Harapan ?

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Sejauh mana kita mengenal sebuah harapan?

Semoga tulisan sederhana ini minimal dapat memberi semangat kepada para pemimpi&harapannya…

Untuk perkenalan, nama saya merry melindasari saya lahir dan besar di dua kota yang benar-benar telah mendarah daging di kehidupan saya, hehe. Saya ini kelahiran tahun 1995, Alhamdulillah masih termasuk kategori muda. Dan inilah jalan saya….

Siang itu, Guru smk saya bercerita bahwa Ia menjadi seorang guru dengan sangat mudah, dimana banyak orang yang mengantri untuk menjadi seorang PNS, tapi Ia santai jalan tanpa antri dimana-mana untuk menjadi PNS, karena prestasi yang diraihnya dan semuanya terasa mudah bukan seperti saat ini yang belum tentu berprestasi tetapi dengan uang seolah-olah merasa sudah berprestasi. lalupun Guru saya memberi motivasi ‘Berdoalah kepada Allah mohon untuk dimudahkan, berdoalah kepada Allah agar apa yang kamu inginkan bisa kamu dapatkan dengan mudah, jangan pernah putus harapan, berusaha dan doa karena itu satu-satunya jalan agar kamu memiliki apa yang kamu inginkan’. Well, kata-kata itu nyangkut sekali di hati saya, ‘saya ingin seperti ibu, bisa menjadi apa yang saya ingini dengan mudah’.

Acap kali saya ditanyai apa harapan dan cita-cita saya ? saya selalu kebingungan untuk menjawab,saya merasa tidak ingin menjadi apa-apa, saya hanya ingin menjadi seorang yang bermanfaat tanpa spesifikasi, Itulah harapan saya. saya itu termasuk orang yang tidak memiliki pendirian saya kesana dan kesini selalu tanpa pendirian. Itulah jeleknya saya.

Seiring berjalannya waktu saya harus mengakhiri pendidikan smk saya dan harus memilih perkuliahan untuk saya lanjuti mencari ilmu, saya ini plinplan dan terkadang tanpa pendirian, saya kebingungan harus memilih perkuliahan dimana dan ambil fakultas apa, jujur saat itu sangat tak ada gambaran apa yang saya inginkan. Lalu saya bersama teman mengikuti Tes masuk PTN dari sekolah dan berharap saya termasuk murid yang beruntung, namun sayang, ternyata saya tidak beruntung ‘I didn’t pass it’. Dengan hal itu saya merasa down dan malas untuk melanjutkan saya harus kemana, walau banyak teman yang support untuk terus berusaha tetapi rasanya diri ini enggan melangkah.

Dan akhirnya pada saat itu pula saya di tawari bekerja oleh ayah saya yang awalnya saya hanya berniat untuk ‘magang’ karena saya harus lanjutkan pendidikan saya. Dengan perasaan bersyukur akhirnya saya masuk di perusahaan itu, jujur saya tidak memiliki keterampilan apa-apa untuk dipamerkan dan dibanggakan. Dengan segala kebingungan yang saya pegang pada saat pertama saya masuk kantor itu, perasaan deg-deg an dan bahagia sangat merona di hati saya, ternyata awal itu awal dimana saya menemukan ‘impian saya’ and this is MY JOURNEY…. Alhamdulillah di saat saya harus menghentikan sementara harapan saya, disitu pula ada jalan yang sudah Allah berikan untuk mengejar impian saya.

Sudah sebulan lamanya saya duduk di meja dan kursi kantor ini, tapi saya masih merasa asing dengan kantor dan tugas saya, saya bahkan tidak mengerti kantor saya ini bergerak dibidang apa dan bagaimana yang saya tahu hanya beberapa clue ‘ web development, ecommerce, stationary, branding’ tapi sungguh saya belum dapat memahami itu semua. Seiring berjalannya waktu sedikit demi sedikit perkenalan berlalu dan tahap selanjutnya memasuki wilayah otak saya yang harus menuntut mau jadi apakah diri saya ini, dengan rasa tenang seperti air yang mengalir dari hulu, harapan, impian, keinginan muncul dalam benak saya dan saya dapat menggambarkan cita-cita saya.

Ya sekarang saya mengerti siapa diri saya, apa yang sedang saya kerjakan, apa yang sedang saya bangun dan apa yang sedang deadline menunggui saya. Saya semakin sadar siapa yang sedang saya hadapi yaitu ‘mereka orang-orang sukses dengan penuh skill yang erat pada diri mereka’. Hati ini semakin membara untuk menjadi orang yang baik minimal perlakuan saya dapat bermanfaat untuk banyak orang. Disini saya adalah seorang sosial media specialist, yang banyak bilang social media freak, hehehe karena semua sosial media harus saya miliki dan saya tangani. Dari banyak sosial media di dunia ini yang Alhamdulillah Allah telah memilih saya dengan jalan ini hingga dapat membentuk pribadi sesungguhnya siapa saya absolutely saya bisa mengasah kemampuan saya ^^. Banyak sekali pelajaran-pelajaran yang saya dapati secara real tanpa omong kosong yang terjadi dalam setiap manusia, yang bisa langsung saya praktekan dalam kehidupan sehari-hari, Alhamdulillah Allah memang mengetahui jalan terbaik untuk saya.

Walau sampai saat ini saya belum pernah menginjakkan kaki ke luar negeri, terutama benua amerika that full of traffic life tapi saya selalu merasa telah tinggal disana berbulan-bulan karena kebanyakan saya selalu membaca apapun yang terjadi pada mereka setiap harinya, such a little thing but gives kindness and so much precious, that’s life. Tentu saya juga tidak pernah ingin ketinggalan tentang apa saja yang terjadi pada dunia terutama Indonesia dimana harapan dan cita-cita ada disana. Hal ini sungguh membuka wawasan saya dan merubah pola mindset saya terhadap apa yang sesungguhnya terjadi di dunia ini. Big things comes from little things, yang saya dapat simpulkan tentang kesuksesan sebuah harapan adalah apapun itu mereka hanyalah orang biasa yang memiliki kelebihan sesuatu yang mendapatkan kesempatan untuk menjadi orang yang dapat membantu harapan kita terus termotivasi. Kebanyakan mereka datang hanya dari orang biasa yang dapat merubah menjadi luar biasa sehingga kita dapat amat sangat menghargai mereka.  Masih ingat dengan firman Allah “ Aku tidak akan merubah suatu kaum, sebelum kaum itu merubah dirinya” ( QS. 13;11)

Dan disini saya dapat mengerti, harapan itu adalah sebuah hal yang sangat penting untuk dibela, penting untuk di raih dan penting untuk dikejar, saat kehidupan mengharuskan kita melakukan itu semua dengan tekad yang amat sangat membara dalam diri, kehidupan akan memberi pelajaran dan pengertian tentang our real journey hidup ini, once again that’s life. Hidup itu memang pilihan, kau ingin pilih menjadi orang biasa, atau kau pilih menjadi orang yang luar biasa, Allah will help us, teach us until the end of our life jika kita bersungguh-sungguh dan tanpa resah menyerah. Kehidupan amat sangat normal tatkala kita bersikap normal dengan penuh pikiran positif, dari hal ini kita dapat merasa dunia tersenyum dengan apa yang kita lakukan secara baik, namun sebaliknya terjadi. Coba saja… hehe

Saya ini bukan ingin menjadi orang yang sok pintar, atau sok tahu dalam segala hal tentu saya termasuk orang yang masih minim tentang ilmu hidup ini hehe, saya hanya berharap dengan tulisan ini dapat membantu kalian semua untuk meraih mimpi tanpa harus resah dengan hambatan, karena sesungguhnya dunia ini indah jika kita memandang dengan penuh keikhlasan serta pengaruh positif yang bisa kita tebarkan ke semua, percayalah bahwa sanya yang membuat sulit itu diri kita sendiri, dari diri kita sendirilah segala suatu hal dimulai. Pernah saya membaca yang saya lupa dari mana sumbernya kira-kira seperti ini “ Sehebat-hebatnya seorang motivator tidak akan dapat merubah diri seseorang tanpa adanya dorongan kemauan diri sendiri, yang berarti the best motivator in the world is ourselves, Diri kita sendiri”.

Alhmduillah saya kini sudah lebih dari 7 bulan menjadi copywriter(salah satu cita-cita) di salah satu kantor advertising agency Jakarta, saya sangat merasa bersyukur dengan hal itu karena melalui menulis saya merasa dapat traveling ke dunia ini, pekerjaan ini bukanlah hal yang mudah walau terdengar mudah, tapi saya sangat mencintai bidang ini Alhamdulillah lagi-lagi selalu ada hal tak terduga terjadi pada kehidupan saya, jujur saja 7 bulan yang lalu saya masih belum mengetahui apa keinginan dan harapan saya, hehe. Dan Alhamdulillah CEO kantor saya memilih dan mempercayakan saya untuk berada di bidang ini juga untuk memajukan kantor ini. Semoga ya aamiin. saya minta doa kepada kalian semua dan saya berdoa juga untuk kalian semoga apa yang kalian harapkan dan cita-citakan dapat tercapai di tahun ini aamiin.

“Jadilah orang yang terpilih, at least jadilah orang yang pantas mendapatkan apa yang Anda cita-citakan”. So terus berusahalah hingga kenyataan ada ditangan Anda J. Tapi harus tetap waspada dan analisa segala baik buruknya agar kelak kita tidak perlu kaget dengan hal-hal yang terjadi diluar harapan kita.

Ilmu itu universal, jadi kita bisa belajar dari mana saja dan kapan saja, yang terpenting selalu lah ambil pelajaran dalam setiap kejadian yang menimpa kita baik maupun buruk, sedih maupun senang J. Buanglah ‘Keraguan’ karena ragu hanya jadi penghambat jalan kita. Berikan yang terbaik untuk diri sendiri, orangtua dan untuk orang lain. Ada beberapa hal yang mutlak akan membantu mempermudah mendapatkan harapan Anda selain bedoa dan berusaha yaitu : Banyak bersedekah dan Shalat sunnatnya jangan pernah diputus walaupun sehari saja, ini benar-benar sering saya alami dimana saya harus bersedekah walau hanya uang pas-pasan dan shalat sunnatnya saya rajinkan, Alhamdulillah hingga saat ini selalu ada jalan mudah dalam mengiringi langkah saya mendapatkan impian dan cita-cita.

Harapan dan cita-cita saya yaitu menjadi seorang penulis yang bukan haus akan pujian dengan apa yang telah saya tulis, tetapi saya ingin menjadi penulis yang semakin orang dapat mengerti dan sadar bahwa hanya Allah satu-satunya harapan dan pujian yang harus kita paku dalam hati, saya ingin menjadi pengusaha sukses dengan mensyi’arkan agama islam ke dunia, saya ingin menjadi orang sukses dan saya percaya hal itu akan terjadi. Namun Sesungguhnya harapan terbersar saya adalah menjadi anak yang baik untuk kedua orang tua saya, yang dapat membuat mereka tersenyum di dunia juga di akhirat aamiin ya Allah. Karena hidup ini hanya sekali saya tidak ingin menjadi orang yang rugi di dunia maupun di akhirat. Dan untuk kawan saya semua yang belum saya kenal maupun sudah saya kenal saya ingin sekali berpesan bahwa kita sebagai generasi penerus negeri ini harus bisa menjadi orang sukses, menjadi orang hebat, menjadi orang yang layak sesungguhnya kita dapatkan, sebagai umat muslim semoga dengan menjadi orang-orang hebat bisa memabantu sesama and tell the world that islam is perfect no matter what, kita harus yakin dan kita bukan termasuk orang yang mudah di perbudak.

Spectacular-Places-On-Earth-01

Sincerely,

Meri Melindasari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s