Pengertian Geotextile

Banyak orang yang belum mengetahui apa pengertian Geotextile dan juga apa kegunaanya. Bagi pekerja teknik sipil mungkin geotextile ini tidaklah asing. Mari kita bahas sedikit apa itu geotextile!

Geotextile adalah bahan permeable sintetis tipis, fleksible yang terbuat dari bahan tekstil polimer seperti polyester atau polypropylene. Geotextile ini biasa digunakan untuk menstabilkan tanah.yang kana digunakan untuk jalanan.

Geotextile memiliki 2 jenis yaitu :

A. Geotextile Woven Geotextile woven bahannya teranyam, geotextile woven memiliki penampilan karakteristik dua set benang paralel atau benang. kekuatannya untuk mesntabilkan tanah yang lunak lebih tinggi daripada geotextile non woven.

waven

Geotextile waven

B. Geotextile non-woven Geotextile non-woven adalah kebalikannya dari geotextile waven. geotextile non woven diproduksi melalui proses mekanik atau saling kimia atau ikatan termal serat / filamen. Fungsi dari geotextile nonwoven adalah mencegah penyusutan tanah akibat tanah dasar yang tidak bagus atau lunak. Fungsi Geotextile Woven adalah membrane effect, yang hanya mengandalkan tensil strength, sehingga tidak mereduksi terjadinya penurunan setempat (differensial settlement) akibat tanah dasar yang lunak atau jelek.

non woven

Bagi Anda yang ingin membeli bahan geotextile yang baik, saya sarankan untuk mengunjungi website Geosinindo  untuk menjadi bahn referensi

 

Semoga bermanfaat 😀

 

One thought on “Pengertian Geotextile

  1. dibedakan menjadi dua ya antara geo textile woven dan non woven itu memiliki fungsi yang berbeda beda antara satu dengan yang lainnya kirain sama fungsinya cuma beda nama hehehe

Leave a comment